Announcement

Collapse
No announcement yet.

Sering Sembelit Saat Liburan? Ini Cara Mencegahnya

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Sering Sembelit Saat Liburan? Ini Cara Mencegahnya

    Ketika kamu sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari, jadwal sudah siap, bawaan sudah siap, tapi saat di tempat liburan malah tidak bisa kemana-mana karena terkendala sembelit. Duh pasti nggak asik banget ya, Ladies. Buat kamu yang sering mengalami hal tersebut, ini dia tips dan trik untuk mencegah sembelit terjadi ketika berlibur. Mengutip dari InStyle, ini dia penjelasan dari Dr. Vijaya Rao, MD, asisten profesor di University of Chicago School of Medicine. Yuk Ladies, di-scroll!
    1. Sebelum pergi, konsumsi makanan mengandung probiotik

    beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri probiotik mampu meringankan sembelit. Dr. Rao mengatakan tidak ada salahnya melakukan tindakan preventif dengan mengonsumsi probiotik. Suplemen atau yoghurt dengan kultur hidup disarankan untuk dimakan sebelum bepergian.
    Foto: unsplash.com
    Untuk hasil maksimal, kamu bisa memulai untuk mengonsumsi secara rutin makanan yang mengandung probiotik seperti kimchi, sauerkraut, tempe, dan yogurt beberapa hari sebelum liburan dan dilanjutkan selama masa liburan tersebut. 2. Ketika transit, bergerak dari tempat duduk kamu sesering mungkin

    Jika kamu bepergian dengan pesawat, jangan hanya duduk di tempat. Bangun dan berjalan-jalan sepanjang lorong dapat menjaga peredaran darah di kaki tetap lancar, begitu juga dengan perutmu. Jika kamu bepergian dengan mobil, ambil beberapa istirahat kecil untuk keluar mobil dan melakukan stretching. Dr Rao mengatakan bahwa olahraga rutin membantu melancarkan pencernaan.
    Foto: unsplash.com
    Selain itu hindari untuk ngemil seperti potato chips atau cokelat batang selama di perjalanan. Bila ingin pencernaan yang lancar, sebaiknya kamu konsumsi makanan tinggi serat seperti buah kering dan kacang. Jangan lupa untuk minum yang banyak selama di perjalanan. 3. Ketika sampai di tempat, perbanyak bergerak, makan, dan minum air yang banyak

    Jaga agar pola harian milikmu tetap berlaku selama liburan dan perhatikan pilihan makanan yang ingin disantap. Pasti Ladies ingin mencoba makanan khas lokal tapi jangan lupa untuk memasukkan makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran dalam menu kamu.

    Foto: unsplash.com
    Berjalan sebanyak yang kamu bisa juga membantu meringankan sembelit, begitu juga dengan konsumsi air sebanyak-banyaknya. Jangan lupa minum yang cukup selama liburan ya, Ladies. Pastikan juga kamu mendapat tidur yang cukup selama berlibur.
Working...
X